Selasa, 25 Oktober 2011

Brown Hawk-Owl (Ninox scutulata)

Nama Lokal       : Burung Pungguk
Nama Indonesia : Beluk-watu Jawa 
                                               Foto ini diambil 15 Desember 2009   
     Ninox scutulata adalah merupakan burung hantu yang  tersebar di Asia selatan, dari India dan Sri Lanka timur ke barat Indonesia dan selatan Cina. Habitatnya adalah hutan dengan tutupan yang baik. Burung ini berbiak dengan meletakkan 3-5 telur dalam lubang pohon.

     Walaupun pada jumlah secara global dinyatakan stabil dan belum terancam, di Pematang Gadung dalam 20 tahun terakhir ini sudah semakin jarang ditemui. Perkiraan jumlah di sekitar kawasan tersebut kurang dari 20 ekor.




      Spesies ini merupakan bagian dari pengelompokan yang lebih besar dari burung hantu yang dikenal sebagai burung hantu khas, Strigidae, pengelompokan lainnya adalah Tytonidae.


      Brown Hawk-Owl berukuran sedang (32 cm) dengan paduan bentuk burung hantu-elang, karena ekornya yang panjang dan bentuk wajah yang berbeda dengan burung hantu secara umum. Memiliki mata yang besar dan kuning, dengan ciri dari jantan dan betinanya sama.

      Spesies ini berburu pada malam hari, namun dapat juga ditemukan pada waktu siang (saat beristirahat), ini ditandai dengan suara burung-burung kecil yang riuh disekelilingnya ketika sedang bertengger di pohon. Makanan utama pada serangga, katak, kadal, burung kecil, dan tikus.  
     Teriakan rendah lembut berulang, yang dapat terdengar pada senja dan fajar, terutama saat Bulan terang, dan bahkan terkadang bersuara di siang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar