Minggu, 30 Oktober 2011

Blue-tailed Bee-eater, Merops philippinus

Nama Lokal       : Burung Kacang-kacang
Nama Indonesia : Kirik-kirik Austalia

                                                            Foto Burung Dewasa

     Merupakan anggota keluarga Meropidaekeluarga pemakan lebah. Berkembang biak di Asia tenggara. Melakukan migrasi, terlihat secara musiman di sebagian besar Semenanjung India.
 
foto burung remaja


     Spesies ini, merupakan burung, kaya warna yang ramping. Dengan warna utama hijau; wajahnya berpoles biru sempit dengan garis mata hitam, dan tenggorokan kuning dan coklat, ekor biru dan paruhnya berwarna hitam. Dapat mencapai panjang 23-26 cm, termasuk dua bulu ekor memanjangyang berwarna kebiruan. Jenis kelamin memiliki kesamaan.

 foto sarang

      Berkembang biak pada pematang pasir atau kerangas. Seperti pemakan serangga lain, makan utama adalah lebah, tawon, yang tertangkap di udara. Di tempat terbuka mengejar lebah dan capung. Serangga yang tertangkap dipukul-pukulkan pada dahan tempat bertengger untuk melemaskan bagian kulit yang keras. Kebiasaan ini juga dilakukan anggota lain dari Ordo Coraciiformes.


      Hidup berkelompok, dalam mencari makan atau bersarang. Mereka membuat sebuah terowongan yang cukup panjang dengan menempatkan 5 sampai 7 telur yang bulat putih. Jantan dan betina mengerami telur bergantian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar