Rabu, 26 Oktober 2011

Barn Swallow (Hirundo rustica)

Nama Lokal:  Burung Layang-layang
Nama Indonesia: Layang-layang api    



     Hirundo Rustica adalah spesies yang tersebar luas di dunia, merupakan anggota keluarga Hirundinidae yang khas dengan tubuh bagian atas berwarna biru, ekor panjang, bercabang dan melengkung, sayap runcing.Tersebar mulai dari Eropa, Asia, Afrika dan Amerika.
    Spesies ini termasuk jenis yang bermigrasi, walaupun ada yang menetap. Sepanjang musim dingin dengan menyebar di sebagian besar belahan bumi selatan seperti Argentina, Afrika Selatan, dan Australia Utara. Secara umum populasi besar, meskipun ada kemungkinan di tingkat lokal menurun karena ancaman tertentu, membuat jenis ini tidak termasuk mendekati kerentanan.
      Menyukai tempat terbuka yang biasanya memanfaatkan bangunan buatan manusia untuk berkembang biak. Membangun sarang berbentuk cangkir dari lumpur dan memakan serangga dengan menangkap mereka saat terbang. Spesies ini memiliki hubungan erat dengan manusia, dengan memakan  serangga, kebiasaan itu membantu manusia dalam pengendalian hama tanaman. Diperkuat di masa lalu oleh kepercayaan mengenai burung dan sarangnya.

     Pada masa lalu, orang di Pematang Gadung percaya, bahwa burung yang bersarang di rumah dapat membawa keberkahan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar