Rabu, 17 November 2010

Lesser Adjutant (Leptoptilos javanicus)

Nama Lokal        : Burung Kambing
Nama Indonesia : Bangau tong-tong


    Berukuran sangat besar; paruh besar dan kuat; tanpa kantung tenggorokan; sayap berwarna hitam seragam. Berbiak dengan membuat sarang pada koloni kecil di cabang ranting pohon Pulai di Hutan Rawa-gambut Pematang Gadung setiap tahun. Pada tahun 2002, hitungan jumlah pada saat terbang bersama adalah 40 individu.  Seperti satwa lain yang hidup di hutan rawa gambut, Burung ini pun mengalami penurunan populasi akibat tekanan habitat, yang menyebabkan berkurangnya bahan makanan. Untuk itu jenis ini dinyatakan statusnya Rentan (Vulnerable - IUCN).
      Leptoptilos javanicus, adalah burung besar di keluarga  Ciconiidae. Spesies yang  tersebar di Asia selatan, dari India timur ke selatan Cina dan Jawa. 
     Ukuran berkisar antara 110-120 cm, tinggi 210 cm dengan lebar sayap, dan berat badan 4,09-5,71 kg, Kepala dan leher terbuka seperti yang burung pemakan bangkai.
Bangau ini  terbang dengan menarik leher mereka. Sekilas mirip elang, namun kakinya terlihat menjulur keluar ekor. 
     Makanan utama pada katak, ikan dan serangga besar, tetapi juga burung kecil, reptil dan hewan pengerat. Tidak seperti Bangau besar lainnya, jarang makan bangkai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar