Selasa, 23 November 2010

Bar-tailed Godwit (Limosa lapponica)

Bar-tailed Godwit  Limosa lapponica
Nama Indonesia : Biru-Laut Ekor-Blorok
Keterangan Singkat: Berukuran besar (37 cm). Kaki panjang, paruh sedikit melengkung ke atas. Bagian atas berbintik abu-abu dan coklat. Alis putih jelas, pada dada terdapat sedikit warna abu-abu. Ciri khas: garis sayap sempit berwarna pucat, garis-garis coklat sempit di atas tunggir dan ekor yang putih. Ras biasa baueri: punggung bawah kecoklatan. Ras yang lebih jarang lapponica: punggung bawah dan tunggir putih.
Iris coklat, paruh: pangkal merah jambu dan ujung hitam, kaki hijau gelap atau abu-abu.
Suara : Pendiam. Tetapi kadang-kadang mengeluarkan suara rendah dari tenggorokan “karrank”, atau nada ganda jelas “kiu-kiu”, dan suara lembut sewaktu terbang “kit-kit-kit-kit”.
Sebaran global: Berbiak di Eropa utara dan Asia. Pada musim dingin beermigrasi ke selatan sampai Australia dan Selandia Baru.
Status dan sebaran lokal : Di Sumatera dan Kalimantan kadang-kadang agak umum secara local. Pengunjung tetap di Jawa dan Bali, tetapi bukan pengunjung yang umum.
Kebiasaan : Sering mengunjungi perairan pasang surut, muara, beting pasir, dan perairan dangkal. 
Sumber : A FIELD GUIDE TO THE Birds Of Borneo, Sumatra, Java and Bali, John MacKinnon,Karen Phillipps, Bas Van Balen. 1999.
Habitat Pengamatan : Pantai mangrove Daerah Rawa Pematang Gadung (Pematang Gadung Wetland), Pantai Sungai Besar-Pelang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar